Latest Entries »

SAUNG PENGKOLAN

Saung pengkolan, ya..disebut begitu karena memang berada pas di pengkolan jalan…jalan menuju ke arah lembang ..tentunya dari arah Bandung. Kurang lebih 2,5 km selepas dari UPI (dulu IKIP) Bandung, menyusuri jalan Dr. setiabudhi dari arah gegerkalong…agan2x & tuan putri kalo pas jalan ke Lembang mampir deh ke rumah makan Saung pengkolan ini,…dijamin puas…ya…karena tempatnya asyik…besar…bersih dan pemandangannya yang lumayan keren karena berbatasan langsung dgn patahan lembang yg merupakan jurang / lembah ….Kalo agan main ke lembang pasti deh keliatan lokasinya dgn jelas karena tampak depannya pas dipinggir jalan sebelah kiri & plang rumah makannya cukup besar…

masuk ke rumah makan ini hawanya suejukk tenan..krn memang penataan ruang & ventilasinya yg sengaja dibuat demikian…ada pilihan tempatnya…mau duduk dimeja makan atau lesehan…, kalo menu sih biasa..menu masakan sunda…tapi cukup lengkap bro…& kalo nurut saya sayur asemnya masih paling enak deh di bandung (berdasarkan survey pribadi ya…he…he…), ada ikan bakar / goreng, ayam, pepes , lah…pokokna mah lengkap…, sambelnya juga nikmat…

ada sambel dadak..ada sambel leunca…kalo dibarengin sama gurame goreng & tahu lembang asli nyundana …:) …kalo harga mah ngak mahal mahal amat lah …malah cenderung murah…kita2x makan bareng aja bertujuh…cuma abis 230 ribu…itu juga udah segala dipesen…mulai ti gurame…sate…ayam…sayur asem…jambal…pete gorang…, dijamin puaslah ….:)

Lembah Sari Mas

Lembah Sari Mas, ..yang pasti bener lembahnya…karena begitu masuk ke kawasan ini sinyal GSM & CDMA terus ngilang…, untuk Telkomsel masih bisa komunikasi, esia sudah langsung menghilang sinyalnya, flexi tinggal satu bar aja..kadang ngilang…tapi masih bisa komunikasi, itu kesan pertama saya masuk daerah ini. Lembah Sari Mas adalah sebuah Hotel berbentuk lingkungan asri yang terdiri dari beberapa cottage dan villa…yang asyiknya dan merupakan ciri khas Hotel ini adalah terdapatnya Masjid yang merupakan bantuan langsung dari pemerintah Arab Saudi yaitu Masjid Jami Ahshal Masjidis Sa’adah.

Lokasi hotel ini berada di Jalan Cagak Ciater masuk kabupaten Subang, kalo dari Bandung ..lewat dulu jalan gunung tangkuban parahu terus menuju ciater Subang.

Kawasan ini enaknya buat rekreasi keluarga, sambil menikmati ketenangan di alam pegunungan tangkuban perahu & hamparan perkebunan teh. Sekedar informasi kasar aja, untuk satu malamnya ada cottage dgn harga 350 ribu sampai 1 juta an…tergantung kelasnya seh…, enaknya sambil bawa keluarga besar…

halaman masjid

Bisa juga villa villanya disewa untuk rapat atau work group supaya kerjanya konsentrasi ngak terganggu sama kebisingan kota….tapi memang bisa dicoba deh …

Disekitar area lembah Sari Mas ini terdapat beberapa lokasi pemandian air panas , al. Ciater Spa, Sari ater serta wisata permainan seperti Flying Fox, paint Ball, Gocar,dll

Pasti rekan-rekan blogger sekalian udah pernah mendengar atau membaca tentang legenda tangkuban perahu yang tokoh utamanya Sangkuriang dan Dayang Sumbi. ya, dalam legenda ini diceritakan Perahu yang telah dibuat oleh sangkuriang kemudian ditendang sehingga berubah menjadi gunung yang sampai saat ini dinamakan tangkuban perahu yang sudah sangat terkenal di Indonesia maupun di Mancanegara.

Terlepas dari benar atau tidaknya legenda tersebut, Tangkuban Perahu ramai dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara bukan hanya semata karena legenda tangkuban perahu itu tapi karena memang keindahan pemandangan yang disajikan jika kita berada diatas tangkuban perahu sungguh dapat membuat orang yang menyaksikan berdecak kagum mengagumi salah satu karya cipta dari yang mahakuasa. Selain itu udara yang masih segar dan angin yang mengalir cukup kencang dirasakan dapat mengurangi stress orang-orang di kota besar karena pekerjaannya.

Kita akan merasa lebih puas jika tidak langsung dengan kendaraan untuk sampai ke atas. Kendaraan diparkir saja di parkir bawah lalu kita jalan kaki sampai ke pucak gunungnya, dari bawah kira-kira satu jam waktu tempuh untuk sampai ke puncak. Tapi bila anda merasa tidak sanggup anda bisa memarkirkan kendaraan dai parkiran bagian tengah (tempat batas bus untuk menuju puncak) dari situ waktu tempuhnya hanya sekitar 15 menit dan sampai di puncak badan anda akan terasa hangat dan segar, selain itu ada rasa puas tersendiri karena untuk mencapai puncaknya ada sedikit perjuangan.

Tapi jika anda ingin menikmati pemandangan yang menakjubkan tersebut atau ingin mengabadikannya dengan foto, datanglah pada jam 7-10 pagi dan jam 1-4 siang karena pada jam-jam tersebut tidak ada kabut yg menyelimuti gunung Tangkuban

kalau sudah ada kabut pemandangan di sekitarnya jadi tidak jelas

nah, kalo anda sudah penasaran tunggu apalagi segeralah mampir ke gunung legenda yang penuh pesona ini, jalannya sangat mudah dicapai dan gampang ditemukan karna banyak penunjuk jalan unjtuk mencapai Tangkuban Perahu dan anda hanya perlu merogoh kocek Rp. 13.000 untuk 1 orang dan Rp.10.000 untuk 1 mobil. Enjoy the trip!

Demi untuk menyelesaikan sebuah tugas dan memenuhi rasa penasaran dengan tempat baru, saya dan teman saya pun memutuskan untuk mencari lokasi wana wisata alam di daerah lembang.

* Curug Cimahi

Berbekal sebuah hp dengan kemampuan java untuk mengakses mbah google, kami pun berangkat menyusuri daerah kota lembang. Sebelumnya kami tidak pernah tau ada tempat wisata selain gunung tangkuban perahu, D’ranch, dan maribaya, di Lembang ini. Setelah berbekal cukup pengetahuan dari mbah google, kami pun menemukan daerah tempat dimana harusnya Curug Cimahi berada.  Bertempat di daerah Cisarua kabupaten Bandung Barat lah curug ini berada. Kalau pembaca tahu tentang villa istana bunga atau CIC, lokasinya sudah dekat dengan tempat tersebut.

Di sebelah terminal Cisarua, pos penjualan tiket dan pintu masuk terletak begitu saja. Tempatnya tidak terlalu besar. Yang membuat saya penasaran adalah saat itu sama sekali tidak ada tanda-tanda curug itu dihuni oleh manusia (hehehe.. lebay!).Penjaga pos tiket masuk pun tidak ada. Usut punya usut, ternyata curug itu telah ditutup karena ada bencana longsor. Menurut keterangan warga sekitar juga menyebutkan belum ada yang tahu kapan curugnya dibuka kembali karena memang belum ada tanda-tanda akan diperbaiki juga. Lokasi sekitar curug ini sangat indah, dan bagus untuk merelaksasi pikiran. Mudah-mudahan pemerintah kabupaten Bandung Barat dapat segera memperbaiki wana wisata ini sehingga bisa dinikmati kembali oleh wisatawan.

pos pintu masuk

gambar tempatnya diambil dari seberang jalan.

*Situ Lembang

Terletak tidak jauh dari Curug Cimahi. Berlokasi di daerah pelatihan Kopassus. Agak bingung juga awalnya, karena berdasarkan atas pengetahuan dari mbah google dan agan” kaskus menyebutkan kalau tempat ini adalah wana wisata, bukan tempat latihan Kopassus. Demi memuaskan rasa penasaran, akhirnya saya dan teman saya tetap memutuskan untuk mencoba mencari tempat ini.

Jalanan menuju ke sana berbatu dan di sampingnya banyak perkebunan masyarakat, rumah warga, dan villa pribadi. Karena tertipu oleh sedikit pengetahuan dari mbah google, akhirnya sukses lah saya nyasar, hehehe. untung di situ ada masyarakat sekitar yang akhirnya mengarahkan kita ke arah yang benar. Tidak lama perjalanan akahirnya kami memasuki kawasan hutan Pinus. dan terlihatlah gerbang pintu masuknya. Yang lebih membuat saya merasa aneh adalah tempat itu sangat sepi dan tulisan di gerbang masuknya buka “WANA WISATA SITU LEMBANG” seperti yang biasa ada di depan tempat wisata, namun tulisannya”TEMPAT PELATIHAN KOPASSUS”

tulisan di gerbang

apaaa!!!! saya pun kaget, karena masih dihantui rasa penasaran, saya dan teman saya pun bertanya pada penjaga yang ada di situ. Hmmm.. langsung disambut dengan galak kita. hiiii… serem! jadi ternyata situ ini adalah tempat latihan untuk Kopassus, yang bikin saya bingung lagi adalah tempat ini dipromosikan untuk tempat wisata, tidak ada keterangan yang menyebutkan kalau tempat ini tempat begituan… (hmmm.. atau mungkin saya yang kurang inpoh, saya juga g ngerti ^^)

karena kecewa, alhasil kita cuma foto” aja di depannya … Menurut keterangan sang penjaga ktia bisa masuk kalau tidak dipakai latihan oleh Kopassus (pertanyaan selanjutnya adalah kapan ga dipakenya bang!!) :dueeeng!!!

ini nih hasil jepretannya… maaf gan bukan pro..

Tahu Tauhid : Bukan Tahu Biasa

Mungkin Anda bosan membayangkan tahu. Lho kalau sekedar tahu saja ngapain jauh2 ke Bandung ? Di Jakarta atau di kota manapun pasti ada yang jual tahu. Tapi Tahu Tauhid ini memang beda rasanya dengan tahu pada umumnya. Dari rasa asinnya, kelembutan tekstur dan juga kekenyalannya membuat tahu ini menjadi buruan dari para pelancong yang datang ke kota Bandung. Tahu ini dijual dalam bentuk yang sudah matang maupun yang masih mentah.

Kendati bernama tahu Tauhid, namun produsen tahu yang satu ini tak ada hubungannya sedikit pun dengan Pesantren Daarut Tauhiid milik Aa Gym. Tahu Tauhid adalah nama industri tahu yang berada di kota Lembang. Berada di sebelah selatan Pasar Panorama, pabrik tahu tersebut tepatnya terletak di Jl.Cijeruk 113. okasinya dari pasar Lembang terus menuju kantor PLN, di sebelahnya ada gang kecil menuju tempat ini. Tapi agak sulit untuk menemukan tempat ini, apalagi bagi para wisatawan yang memang tidak hafal daerah tersebut. Tapi jangan khawatir, sekarang Tahu Tauhid membuka gerai yang mudah dicapai. Letaknya sangat dekat dengan tempat wisata de Ranch, tepatnya di Sesko-AU No.20 Lembang.

Tahu Tauhid 2 ini sangat mudah dicari, tempat parkirnya pun cukup luas dan tempatnya cukup nyaman. Di tempat ini tersedia beraneka macam makanan, mulai dari yang jajanan tradisional Indonesia bahkan sampai makanan Eropa. Walaupun tidak banyak menyediakan tempat duduk, tapi cukuplah untuk bersantai sejenak menikmati tahu panas lengkap dengan cabe rawit dan kecap, sambil menikmati hawa sejuk di Lembang…

Harga tahu matang dijual seharga Rp 500 / potong. Sedangkan untuk tahu yang mentahnya beraneka ragam kemasan dan ukuran :
Tahu Box Kecil (isi 32) : Rp 18.000
Tahu Box Besar (isi 50) : Rp 27.500
Tahu Box Mini (isi 20) : Rp 11.000
Tahu Box Mini (isi 10) : Rp 5.500

Oh iya, jika kita datang ke lokasi pabriknya di sana juga terdapat Cafe & Resto yang menyuguhkan beraneka masakan Indonesia maupun Eropa yang bahan utamanya berasal dari tahu. Misalnya saja sapo tahu, nudget tahu, souffle tahu, yoghurt, juice dll. Namun jika ingin menu tradisional, kedai-kedai di sekitar gerai penjualan tahu yang masih berada di lingkungan pabrik tahu Tauhid bisa jadi pilihan alternatif Anda. Mulai kue serabi dengan bermacam-macam rasa, sate ayam dan sate kelinci, hingga gado-gado ada di sini.

Nah bila Anda sedang berlibur atau singgah sejenak ke Lembang, jangan lupa untuk mampir ke pabrik tahu Tauhid.

Wana Wisata Situ Lembang
Situ Lembang merupakan sebuah danau yang terdapat di kawasan Lembang – Bandung Utara dan terletak di antara kaki Gunung Tangkuban Perahu dan kaki Gunung Burangrang.

Keadaan umum
Wana Wisata ini terletak pada ketinggian 1.567m dpl, konfigurasi lapangan umumnya landai. Kawasan ini mempunyai curah hujan 2.500mm/tahun dengan suhu udara 15-25C.

Potensi Kawasan
Wana wisata ini terdiri dari hutan tanaman pinus. Sumber air yang ada berupa sungai yang saat ini dimanfaatkan untuk keperluan pengunjung dan masyarakat sekitar. potensi visual Lanserkap menuju hutan cukup menarik dengan pemandangan alam berupa; hutan tanaman pinus dan hutan pegunungan, sedang gejala alam/potensi visual lanserkap didalam kawasan yang mempunyai karakteristik khas adalah danau/telaga, hutan alam dan hutan tanaman dengan iklim dataran tinggi.

Potensi Wisata
Wana wisata ini digunakan untuk wisata harian dengan kegiatan yang dapat dilakukan adalah piknik, lintas alam, memancing dan berperahu didanau.
Areal seluas 74ha di Bandung Utara ini tadinya merupakan hutan produksi. DAnaunya yang mempesona merupakan salah satu daya tarik obyek wisata ini sehingga dikembangkan sebagai wisata harian dimana pengunjung dapat mengadakan kegiatan lintas alam, memancing dan berperahu.

Fasilitas
Fasilitas yang tersedia didalam wana wisata ini adalah jalan setapak, tempat parkir, papan informasi/ petunjuk lokasi dan areal piknik.

Aksesbilitas
Wana wisata ini dapat dicapai dari Kecamatan Cisarua (8km), Lembang (18km), Cimahi (18km) dan sedikit jalan batu, tapi dapat dilalui kendaraan roda dua dan empat, sarana transportasi umum yang ada colt atau mobil carteran Cisarua dan Lembang.

1. Rumah Jamur

Rumah Jamur adalah rumah makan yang menyediakan semua masakan olahan dari jamur. Agar terkesan simpel, ia pun menamakannya Rumah Jamur (RJ).

Ada sekitar 5 jenis jamur yang digunakan Sin. Yaitu shitake, tiram, merang, kuping, dan linci. Semuanya diolahnya dalam beragam olahan masakan yang sudah tak asing lagi di telinga kita. Seperti sate, tongseng, nasi bakar, sup, steak, pepes, lumpia, wedang, dan masih banyak lagi.

2. ES Mutiara

Jika Anda mampir ke daerah Lembang (Bandung – Jawa Barat), sempatkan diri Anda untuk mencicipi es mutiara. Setelah seharian menelusuri tempat-tempat wisata di sekitar Bandung, rasanya pas bila tenggorokan Anda di segarkan dengan semangkuk es mutiara.
:: Es mutiara khas Lembang, Bandung
:: Dengan aneka jelly yang lembut – kenyal
:: Dingin, segar dan di jamin maknyusss !!!

3. dSeuhah Da Lada

D’SDL dirintis sejak awal tahun 2009 dan secara resmi didirikan pada tanggal 1 Januari 2010 oleh Sumarna Surapranata (Kang Pranata) dan Suharna Surapranata (Kang Harna).

Sejak kecil mereka berkecimpung di dunia entrepreuneuship (wirausaha) di segala bidang. Sampai akhirnya mereka berdua mencoba berwirausaha dalam bidang kuliner yaitu mendirikan restoran D’Seuhah Da Lada yang menyajikan berbagai makanan karuhun.

4. Java Joglo cafe dan Resto

Joglo identik dengan budaya jawa, namun tidak seperti hal nya yang terjadi pada Java Joglo Café & Resto di Jl. SESKO AU No. 8A Kayu Ambon – Lembang, anda dapat menikmati citarasa masakan sunda modern dalam suasana adat jawa (Joglo) lengkap dengan furniture yang serba menggunakan pohon jati sebagai meja dan kursinya.

5. Tahu Tauhid
Tahu buatan kota Bandung emang beda. Kelembutan, kekenyalan,rasanya dan yang penting harganya sulit ditemukan tandingannya, terutama di Kota Bogor. Tidak heran setiap pulang dari Bandung, salah satu pilihan oleh-oleh untuk mertua adalah tahu bandung langganan ibu saya yang pedagangnya rajin menyambangi rumah ortu saya dengan sepeda motor. Nah, ibu saya sempet bilang kalo mau lebih enak lagi cobain Tahu Tauhid yang bisa dibeli di Lembang (jauh aja sih dari rumah). Akhirnya dapet juga kesempatan buat jalan ke Lembang sekaligus mampir untuk belanja Tahu Tauhid ini.

Ini dia nih tempat2 yg jadi jagoan di Lembang Bandung :
♥ Tangkuban Perahu


Gunung Tangkuban Perahu yang dari kejauhan tampak seperti perahu terbalik, Banyaknya letusan yang terjadi dalam 1.5 abad terakhirlah yang menyebabkan banyaknya kawah – kawah pada gunung Tangkuban Perahu. Kawah-kawah tersebut adalah Kawah Ratu, Upas, Domas, Baru, Jurig, Badak, Jurian, Siluman dan Pangguyungan Badak.
♥ Situ Lembang


Situ Lembang merupakan sebuah danau yang terdapat di kawasan Lembang – Bandung Utara dan terletak di antara kaki Gunung Tangkuban Perahu dan kaki Gunung Burangrang.Wana wisata ini terdiri dari hutan tanaman pinus didalam kawasan yang mempunyai karakteristik khas adalah danau/telaga, hutan alam dan hutan tanaman dengan iklim dataran tinggi.
♥ Wisata Air Panas Ciater


Obyek wisata ini, selain dijadikan sebagai sarana rekreasi keluarga, obyek wisata air panas Ciater ini juga dapat dimanfaatkan untuk kesehatan.Tarif Masuk :
1. Tiket masuk obyek wisata Rp 14.000./Orang.
2. Tarif Kolam Pemandian atau kamar mandi Rp. 80.000/Orang.
3. Tarif Kolam Pemandian sederhana Rp. 20.000 – Rp. 55.000 untuk sekali mandi.
♥ Curug Ciomas


Curug Omas terletak di lokasi wisata Maribaya, Lembang. Objek wisata ini menawarkan pesona air terjun dan keindahan alam di sekitarnya.

Welcome to WordPress.com. This is your first post. Edit or delete it and start blogging!

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.