Demi untuk menyelesaikan sebuah tugas dan memenuhi rasa penasaran dengan tempat baru, saya dan teman saya pun memutuskan untuk mencari lokasi wana wisata alam di daerah lembang.

* Curug Cimahi

Berbekal sebuah hp dengan kemampuan java untuk mengakses mbah google, kami pun berangkat menyusuri daerah kota lembang. Sebelumnya kami tidak pernah tau ada tempat wisata selain gunung tangkuban perahu, D’ranch, dan maribaya, di Lembang ini. Setelah berbekal cukup pengetahuan dari mbah google, kami pun menemukan daerah tempat dimana harusnya Curug Cimahi berada.  Bertempat di daerah Cisarua kabupaten Bandung Barat lah curug ini berada. Kalau pembaca tahu tentang villa istana bunga atau CIC, lokasinya sudah dekat dengan tempat tersebut.

Di sebelah terminal Cisarua, pos penjualan tiket dan pintu masuk terletak begitu saja. Tempatnya tidak terlalu besar. Yang membuat saya penasaran adalah saat itu sama sekali tidak ada tanda-tanda curug itu dihuni oleh manusia (hehehe.. lebay!).Penjaga pos tiket masuk pun tidak ada. Usut punya usut, ternyata curug itu telah ditutup karena ada bencana longsor. Menurut keterangan warga sekitar juga menyebutkan belum ada yang tahu kapan curugnya dibuka kembali karena memang belum ada tanda-tanda akan diperbaiki juga. Lokasi sekitar curug ini sangat indah, dan bagus untuk merelaksasi pikiran. Mudah-mudahan pemerintah kabupaten Bandung Barat dapat segera memperbaiki wana wisata ini sehingga bisa dinikmati kembali oleh wisatawan.

pos pintu masuk

gambar tempatnya diambil dari seberang jalan.

*Situ Lembang

Terletak tidak jauh dari Curug Cimahi. Berlokasi di daerah pelatihan Kopassus. Agak bingung juga awalnya, karena berdasarkan atas pengetahuan dari mbah google dan agan” kaskus menyebutkan kalau tempat ini adalah wana wisata, bukan tempat latihan Kopassus. Demi memuaskan rasa penasaran, akhirnya saya dan teman saya tetap memutuskan untuk mencoba mencari tempat ini.

Jalanan menuju ke sana berbatu dan di sampingnya banyak perkebunan masyarakat, rumah warga, dan villa pribadi. Karena tertipu oleh sedikit pengetahuan dari mbah google, akhirnya sukses lah saya nyasar, hehehe. untung di situ ada masyarakat sekitar yang akhirnya mengarahkan kita ke arah yang benar. Tidak lama perjalanan akahirnya kami memasuki kawasan hutan Pinus. dan terlihatlah gerbang pintu masuknya. Yang lebih membuat saya merasa aneh adalah tempat itu sangat sepi dan tulisan di gerbang masuknya buka “WANA WISATA SITU LEMBANG” seperti yang biasa ada di depan tempat wisata, namun tulisannya”TEMPAT PELATIHAN KOPASSUS”

tulisan di gerbang

apaaa!!!! saya pun kaget, karena masih dihantui rasa penasaran, saya dan teman saya pun bertanya pada penjaga yang ada di situ. Hmmm.. langsung disambut dengan galak kita. hiiii… serem! jadi ternyata situ ini adalah tempat latihan untuk Kopassus, yang bikin saya bingung lagi adalah tempat ini dipromosikan untuk tempat wisata, tidak ada keterangan yang menyebutkan kalau tempat ini tempat begituan… (hmmm.. atau mungkin saya yang kurang inpoh, saya juga g ngerti ^^)

karena kecewa, alhasil kita cuma foto” aja di depannya … Menurut keterangan sang penjaga ktia bisa masuk kalau tidak dipakai latihan oleh Kopassus (pertanyaan selanjutnya adalah kapan ga dipakenya bang!!) :dueeeng!!!

ini nih hasil jepretannya… maaf gan bukan pro..